Thursday 28 January 2016

Multirotor (Drone) sangat diminati penghobi Photography

sumber gambar : google

Multirotor (Drone) merupakan wahana yang dapat terbang dengan memiliki lebih dari satu baling-baling, yang sering dikenal dengan sebutan drone. multirotor sendiri memiliki banyak jenisnya yaitu tricopter,quadcopter, hexacopter sampai octocopter yang memiliki sepuluh baling-baling yang menempel di wahana tersebut, multicopter dikendalikan oleh remote control (RC) yang dapat dicontrol dari jarak jauh sesuai frekuensi yang sudah ditentukan. Disini saya akan membahas lebih dalam mengenai quadcopter, wahana ini memiliki empat baling-baling. selain untuk hoby wahana satu ini dimanfaatkan juga untuk membantu pekerjaan terutama pekerjaan dalam bidang photographi dan videographi seperti pemetaan dan memantau ketertiban lalu lintas.



Banyak sekali pencinta photographi atau videographi menggunakan wahana quadcopter ini, drone ini dapat mengangkat kamera action (kamera mini) yang bisa diletakkan didrone sehingga para penggunanya dapat leluasa memotret atau merekam kegiatan dari atas melalui monitor yang sudah dikoneksikan dengan drone ini. Drone yang saat ini banyak diminati oleh penghobi multirotor adalah drone djiPhantom, kisaran harga drone tersebut bermacam-macam sesuai dengan spesifikasinya, sekarang ini djiphantom sendiri sudah mengeluarkan seri terbarunya yaitu djiphantom 3.

Hasil poto atau rekaman video melalui drone tidak kalah indahnya apalagi hasil poto tersebut memotret keindahan alam negri kita yang tercinta ini Indonesia. ada beberapa contoh poto yang diambil dari ketinggian menggunakan drone (sumber dari google) :



indahkan sob pemandangan yang diambil dari ketinggian menggunakan drone, hehee.....

Drone wahana terbang yang dikendalikan oleh remote control ini tidak sembarangan terbang, harus ada procedure untuk terbangnya, pastikan penggunanya sudah mahir dalam menerbangkan multirotor dengan baling-baling empat ini. mengapa saya bilang penggunanya harus mahir? karena menerbangkan drone tidak segampang yang kita bayangkan. banyak kejadian orang menerbangkan drone tanpa belajar terlebih dahulu di simulasi dan akhirnya drone yang diterbangkan mengalami crash atau jatuh. sebelum menerbangkannya belajar dulu disimulasi, banyak simulasi untuk menerbangkan drone bertebaran di google atau belajar dengan orang yang sudah mahir dalam menerbagkan drone.

Selain harus mahir dalam menerbangkan drone, perlu diingat juga menerbangkan wahana ini harus memperhatikan keadaan disekeliling kita tempat menerbangkan jangan menerbangkan dikawasan banyak orang karena bisa membahayakan orang lain jika suatu saat drone mengalami crash atau jatuh ingat jangan menerbangkan ditempat keramaian. sekian dulu pembahasan mengenai Multirotor (Drone) sangat diminati penghobi Photographi semoga dapat bermanfaat.




No comments:

Post a Comment