Thursday 16 April 2015

Budidaya menanam cabe rawit dan cabe besar (1)

hallo sobat blogger, postingan kali saya kali ini mengulas tentang bagaimana membudidayakan menamam cabe rawit dan cabe besar. cerita sedikit kenapa saya menanam cabe, bermula dari suatu obrolan disore hari bersama teman-teman kantor saya. ngobrolin soal bahan pokok yang sekarang ini harga bahan pokok semakin naik, tercetuslah dipemikiran kami untuk menanam cabe rawit dan cabe besar alhasil kami pun beranjak mencari bahan-bahan untuk menanam cabe, dimulai dari membeli polybag media tanam dan tak lupa bibit cabe yang kami beli ditoko tanaman. setelah semua bahan sudah siap, kami segera menanam bibit cabe tersebut untuk disemai.

Selang waktu seminggu bibit-bibit yang disemai tadi sudah memeperlihatkan penampakannya, biji cabe mulai tumbuh akar, tak lupa setiap pagi dan sore harus disiram agar bibit cabe tetap terjaga kebutuhan asupan air nya. menaman cabe ini tidak lah rumit hanya saja harus dijaga asupan air nya pagi dan sore dan tidak boleh terkena matahari langsung (jika masih dalam penyemaian). jika penyemaian berumur kurang lebih satu minggu bibit cabe harus diberikan pupuk untuk pertumbuhan lebih lanjut, sobat bisa menanyakannya ditoko tanaman untuk pupuk yang cocok dalam masa pertumbuhan bibit dan tak lupa juga menjaga bibit-bibit cabe tersebut dari serangan hama.

Bibit cabe yang sudah berumur dua atau tiga mingguan akan menampakkan dua helai daun yang mulai tumbuh. masih dalam penanaman dipolybag cabe tidak boleh dipindahkan ke media tanam yang lebih luas dulu karena masih dalam penyemaian. sobat bisa lihat penampakkan poto cabe yang berumur kurang lebih dua minggu punya saya sobat blogger, Allhamdulillah subur tanaman cabe nyaaa hehe . ini penampakkan poto nya sob :
cabe umur 2 minggu

gambar diatas tanaman cabe nya mulai menammpakkan empat helai daun dan siap untuk dipindahkan satu per satu ke media tanam yang lebih luas lagi, sobat bisa menanamnya dipolybag yang lebih besar atau tanam aja di ember cat bekas sob jadi gak perlu lagi membeli polybag. sekian dulu coretan postingan saya ini, ayooo kita Budidaya menanam cabe rawit dan cabe besar. nanti saya update lagi kelanjutan postingan ini jika cabe nya sudah siap dipindahkan ke media tanam yang lebih luas. simak juga artikel lainnya Tujuh langkah yang harus dipersiapkan sebelum daftar google Adsense.


No comments:

Post a Comment