Sunday 19 April 2015

Cara Memilih domain dan Web Hosting yang cocok untuk blog anda

Hallo sobat blogger,  Bagaimana cara memilih domain dan web hosting yang cocok untuk blog kita?, kita pahami sedikit tentang domain dan web hosting dulu. Sebuah domain dan web hoting sangat berkaitan erat dengan situs website atau blog yang anda miliki, karena domain menunjukkan suatu alamat website, domain website kita umpakan sebagai alamat rumah kita dan rumah kita umpakan sebagai webstite, jadi jika kita tidak memiliki alamat rumah maka bagaimana temen-temen kita tahu tujuan ke rumah kita. bisa kebayang gak temen-temen kita akan tersesat menuju rumah kita sama hal nya dengan domain website untuk membuka website yang kita bangun kita harus memiliki domain. kalau bingung dengan penjelasan saya mungkin sobat bisa baca sendiri apa itu domain cari saja di google banyak kok. 
domain

ni sob arti dari domain sendiri :

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server di internet. Serta domain dapat memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP (Internet Protocol).

sudah paham gak sob? kalau masih kurang paham search aja di google lagi yakk, domain sendiri terbagi dalam tiga tingkatan, yaitu :

1. Top Level Domain
Top Level Domain adalah ekstensi 3 kata yang berada dibelakang titik contohnya .com .net .org dan lain-lain masih banyak lagi. Top Level Domain yang biasa disingkat dengan TLD dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu Generic Level Domain dan Country Level Domain, Generic Level Domain itu domain yang sifatnya global contohnya .com .org.net dan lain-lain sedangkan Country Level Domain ialah domain yang bersifat khusus untuk masing-masing negara yang meng-indentitaskan suatu negara contohnya indonesia (.id), malaysia (.my).
2. Second Level Domain
Second Level Domain biasanya mengacu kepada organisasi yang mendaftar nama domain dengan registrer nama domain, misal nih namespace.uk untuk sebuah perguruan tinggi atau akademis.
3. Third Second Domain
domain tingkat ketiga dibawa second level domain yang namespace nya dituliskan dikiri setelah second level domain.

Sumber: Wikipedia, Google

setelah kita mengetahui pengertian domain dan tingkatannya, sekarang kita membahas sedikit apa itu web hosting, web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan tempat penyimpanan data-data website kita sehingga memungkinkan organisasi atau individu dapat mengakses data tersebut seperti layanan Email,HTTP,FTP atau DNS. banyak jasa-jasa penyedia web hosting yang bertebaran di internet dan beraneka macam layanan yang disediakan mulai dari harga yang murah sampai yang mahal sekalipun ada di intenet.

Domain dan web hosting yang cocok buat blog kita ?
ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum memasang domain dan menyewa web hosting untuk blog kita , langsung aja :
1. Jika anda masih pemula dalam dunia blog atau per-website an ,pastikan jangan dulu membeli domain TLD, benahi dahulu blog anda agar terlihat profesional.
2. Jika isi konten atau postingan sudah banyak dan ingin lebih terlihat web profesional pilihlah domain TLD, perlu diingat lebih baik benahi dulu web atau blog yang kita miliki (postingan sudah banyak) setelah itu baru membeli domain TLD.
3. Setelah langkah kedua terpenuhi, pilihlah web hosting untuk blog atau website kita, langkah ketiga ini perlu banyak pertimbangan untuk memilih web hosting. Pertama perhatikan harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, jangan terlalu percaya dengan harga yang murah dengan layanan bandwith dan space yang besar, pilih web hosting yang wajar-wajar saja terhadap harga dan layanannya. Kedua kapasitas dan fitur harus juga diperhatikan sesuaikan kapasitas dan fitur dengan kebutuhan website anda jangan kapasitas lebih besar sementara space yang diperlukan website anda sedikit hal ini sedikit memboroskan kembali lagi pilih yang wajar-wajar saja. Ketiga jaringan dan hardware ini yang sangat penting karena jaringan adalah segalanya perhatikan layanan jaringan yang disediakan oleh penyedia web hosting jaringan dan hardware harus baik agar web kita bisa diakses dimanapun kapan pun tanpa batas.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat saya simpulkan pilihlah domain dan web hosting sesuai dengan blog dan website yang anda miliki, pastikan ongkos yang anda keluarkan untuk menyewa domain dan web hosting sesuai dengan kualitas yang disediakan.

Demikian ulasan postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi para blogger dan pembaca lainnya, simak juga waktu yang tepat untuk menulis artikel.

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete